Wednesday, October 30, 2019

Teknik Dasar Berguru Piano



Untuk andal bermain piano kita harus mempunyai jiwa seni yang tinggi mengingat teknik-teknik dasar berguru piano cukup rumit. Teknik-teknik dasar bermain piano disini meliputi pemahaman not angka atau not balok menyerupai ketika kita berguru solmisasi (do, re, mi, fa, sol..dst) juga pemahaman ihwal c = do atau d = do, dan sebagainya. Pemahaman ini harus dikuasai untuk mempermudah penguasaan teknik bermain piano tahap berikutnya.

Jika rujukan not angka atau not balok telah kita kuasai dan kita kembangkan, maka kita dapat melangkah pada latihan berikutnya yaitu Fingering, Touching, Rhythm/Tempo, Harmony, dan Reading.

Berikut ini penjelasannya:

- Fingering,


Fingering ialah teknik penempatan posisi jari yang benar pada tuts-tuts piano. khusus bagi pemula teknik ini penting sekaligus sebagai tahap awal pneguasaan tangga nada serta cadence.

- Touching,

 Untuk andal bermain piano kita harus mempunyai jiwa seni yang tinggi mengingat  Teknik Dasar Belajar Piano

Teknik Touching bertujuan untuk memahami interpretasi dalam bermain musik khususnya piano. Pengertiannya, bermain piano tidak hanya sekedar bermain musik namun musik sendiri yang harus keluar dari ‘rasa’ kita. Dengan teknik Touching kita akan tahu kapan harus bermain cepat atau lambat, keras atau lembut, putus atau nyambung, dengan tekanan atau tanpa tekanan. Intinya disini harus ada keseimbangan dinamika, feeling, serta ekspresi.

- Rhythm dan Tempo,


Rhythm dan tempo ialah teknik pembiasaan nada-nada piano dengan alat musik lain menyerupai gitar, bass, drum, percussion, dan lain-lain. Intinya pada teknik ini kita harus mengetahui not dan ketukan (rhythm pattern) sehingga ada groove atau soul dalam bermain musik. Jika rhythm dan tempo telah dikuasai maka hanya ada satu “nyawa” dalam satu grup musik yang terdiri dari bermacam-macam alat musik.

- Harmony,

  Untuk andal bermain piano kita harus mempunyai jiwa seni yang tinggi mengingat  Teknik Dasar Belajar Piano

Teknik Harmony meliputi chord progression dan voicing and accompaniment, bertujuan untuk memperkaya pengetahuan kita dalam membuatkan chord yang kita gunakan pada sebuah lagu. Selain itu teknik ini sekaligus untuk membuatkan suara dari hasil permainan chord. Intinya kalau terjadi harmonisasi yang baik maka akan terciptka satu komposisi musik yang harmonis.

- Reading,

 Untuk andal bermain piano kita harus mempunyai jiwa seni yang tinggi mengingat  Teknik Dasar Belajar Piano

Teknik ini ditujukan untuk kita yang ingin berguru piano tapi belum begitu menguasai not balok dan juga combo partitur. Dengan teknik ini diperlukan kita dapat membaca partitur not balok (combo part), sekaligus mengenal kunci G (treble clef) serta kunci F (bass clef).

Itulah teknik-teknik dasar berguru piano yang penting untuk kita kuasai.


EmoticonEmoticon