Wednesday, October 30, 2019

Cara Gampang Mencar Ilmu / Tutorial Bermain Gitar Untuk Pemula



Dalam artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara bermain gitar, menandakan chord-chordnya atau kunci-kunci dasarnya.

Bermain Gitar Tidaklah Sulit, yang kita butuhkan yakni berguru dan belajar.
Eits.. tapi harus ada gitarnya donk, hehe.

Baiklah ayo kita berguru bermain gitar.

Gitar yakni alat musik yang mempunyai 6 senar. Senar yang paling bawah disebut senar ke 1 dan senar paling atas disebut senar ke 6.

Senar 1 bernada E
Senar 2 bernada B
Senar 3 bernada G
Senar 4 bernada D
Senar 5 bernada A
Senar 6 bernada e
(hasil bunyi nada tanpa menekan fert)

Kolom kolom pada gitar di sebut fert. Fert ke 1 di hitung dari ujung yang paling kiri (bagi left handed dari ujung yang paling kanan).

Setiap fert mempunyai nada, berikut susunan nada dalam gitar:

F
F# / Gb
G
G# / Ab
A
A# / Bb
B#
C
C# / Db
D
D# / Eb
E
E# / F

ket:
A, B, C, D, E, F, G = kunci / nada dasar
# = naik setengah nada (1 fert) dari nada dasar, di baca is (A# = Ais, C# = Cis)
b = turun setengah nada dari nada dasar di baca es (Ab = As, Bb = Bes)
m = Minor (Am = Aminor)

Belajar gitar sanggup dilakukan dengan 2 cara, antara lain :
A. Belajar secara otodidak
B. Belajar kepada orang lain yang sudah sanggup bermain gitar.

Baiklah alasannya yakni cara ke 2 (B. Belajar kepada orang lain yang sudah sanggup bermain gitar) sudah tentu akan di jelaskan oleh orang yang mengajarkan, maka kali ini saya akan membahas perihal cara bermain gitar secara otodidak/belajar dengan sendirinya, artinya tidak berguru secara eksklusif pada orang lain (face to face) tapi hanya dengan membaca buku, menonton video dan sebagainya.

Pertama-tama kau harus mengenal dan menghafal kunci-kunci dasar (jangan kunci yang balok dulu) menyerupai A, Am, C, D, Dm dan lainnya.

Kalau sudah tahu dan hafal kunci-kunci dasarnya kau tinggal melatih jari-jari tangan kau semoga terbiasa dengan kunci-kunci itu (kalau berguru gitar, bersiap-siaplah dengan rasa panas di ujung jari kamu. Tapi jangan khawatir, sehabis ujung jari kau sudah keras maka panas itu tidak akan terasa lagi).

Nah, sehabis sudah terbiasa, cobalah memencet salah satu kunci kemudian mengocoknya/memetiknya (menggembrengnya) dan ketika sudah lancar mengocok kau tinggal melatih tangan kau semoga sanggup berpindah cepat dari kunci satu ke kunci yang lain contohnya dari C ke Am ke Dm ke G atau kombinasi yang lainnya (yah, cobalah nyanyikan beberapa lagu yang simpel chordnya kaya lagu-lagunya st12 dan peterpan.

Nah yang tersulit dalam berguru gitar yakni memakai kunci balok. Ini membutuhkan tekanan jari yang berpengaruh semoga senar berbunyi menyerupai yang seharusnya. Saran saya gunakanlah setelan kendor dikala berguru memainkan kunci balok (kalau tidak sanggup menyetelnya, minta tolong pada orang yang bisa. Kalo tidak ada yah terpaksa harus berguru dengan setelan/tuning/steman standar).

Kalau jari-jari kau sudah terbiasa dengan kunci balok dengan setelan kendor, barulah kau coba setelan biasa/standar. Mungkin akan terasa sedikit sakit, tapi tidak apa apa nanti juga terbiasa.

Biasanya sehabis orang sanggup bermain gitar, mereka niscaya ingin berguru melodi. Tapi berguru melodi membutuhkan skill individu dan talenta tertentu. Ya walaupun berguru melodi sanggup di pelajari, tapi tetap tergantung skill individu. Makanya bagi yang susah buat berguru bermelodi, bersabarlah dan terus belajar.

Ini sekilas tips perihal berguru bermelodi. Bermelodi tidaklah asal asalan memetik atau menekan senar, bermelodi juga mempunyai kunci. Nih kuncinya:
Setiap fert mempunyai nadanya masing-masing kita mulai dari senar 6 fert,
1 bernada F
2 bernada F#
3 bernada G
4 bernada G#
5 bernada A
6 bernada A#
7 bernada B
8 bernada C
9 bernada C#
10 bernada D
11 bernada D#
12 bernada E
Jika fert masih ada itu berarti nadanya F dan di urutkan lagi menyerupai yang di atas.

Setiap nada pada fert 5 itu sama dengan senar di bawahnya (contoh, fert 5 senar 6 bernada A. jikalau kita memetik senar 5 maka nadanya akan sama A. Itu berarti fert 6 senar 6 sama nadanya dengan fert 1 senar 5. Begitupun dengan senar lain, kecuali senar 3. Pada senar 3 fert 5 bernada sama dengan fert 1 senar 2, itu artinya fert 4 senar 3 lah yang sama dengan nada senar 2 tanpa fert).
Makara pada dasarnya setiap nada dalam senar selalu bekerjasama dan berputar-putar. Dari nada F ke F# ke G ke G# hingga ke E dan sehabis E maka fert berikutnya bernada F dan seterusnya.


EmoticonEmoticon