Wednesday, October 30, 2019

Cara Gampang Mencar Ilmu Teknik Memainkan Alat Musik Bass


Setelah mengenal apa itu Bass , maka kini mari kita bahas cara bermain bass sekaligus teknik-tekniknya.

Eehh... Tapi sebelumnya enggak salah kan bila kita bahas dulu posisi dalam bermain Bass? hehe… :v

Posisi dalam bermain Bass

Jika dalam posisi duduk, pastikan kawasan duduk itu mempunyai landasan untuk kaki sehingga paha kita dalam posisi mendatar. Bass diletakkan pada paha kanan sebagai tumpuan. Lengan kanan mengapit body bass dari atas, dan asisten berada diatas bridge. sedangkan tangan kiri berada pada fingerboard dan menyangga neck.

Dan jikalau dalam posisi  berdiri, gunakan strap (tali) bass untuk menyangga berat bass dimana pundak kiri sebagai tumpuan. sementara posisi lengan dan tangan sama ibarat ketika dalam posisi duduk. Usahakan menerima posisi yang senyaman mungkin.

Cara memainkan Bass

ada 2 cara yang sanggup kita gunakan dalam bermain bass, yaitu Picking dan Plucking.
Picking yakni cara memainkan bass dengan menggunakan sebuah Pick khusus untuk bass. kita harus bersatu dengan Pick, genggam pick dengan rileks, poros gerakan ada pada pergelangan tanggan dan usahakan siku jangan bergerak.

Plucking yakni cara memainkan bass tanpa menggunakan pick, namun menggunakan jari kita. Tangan kanan kita bertumpu pada bridge dan pergelangan asisten membentuk cakar (lengkungan). Plucking lebih sering dipakai alasannya yakni terlihat lebih menarik ketika perform serta nantinya kita sanggup lebih bebas dalam menggunakan banyak sekali teknik-teknik dalam bermain bass.

Teknik-teknik dalam bermain Bass.

1. Hammer-On
Sama halnya dalam bermain gitar, Hammer-On disini yakni teknik dimana kita memetik senar sementara jari kiri kita menekan salah satu nada, kemudian jari lainnya menekan pada nada yang lebih tinggi tanpa petikan tambahan. contohnya kita memetik nada A senar E (kolom 5) dimana yang menekan yakni jari telunjuk, sehabis berbunyi, kita menekan nada B pada senar yang sama (kolom 7) tanpa memetik lagi. Dalam Tab bass, teknik ini ditulis dengan simbol garis lengkung dan tak jarang diberi “H”.

2. Pull-Off
Teknik ini yakni kebalikan dari Hammer-On, yaitu nada kedua yang dihasilkan lebih rendah dari nada pertama. jikalau sebelumnya menekan kemudian ditekan lagi, maka Pull-Off yakni menekan nada pada 2 kolom berbeda (Kolom 7 dan 5 pada senar yang sama) kemudian jari yang menekan nada tinggi (kolom 7) kita angkat sehingga nada yang keluar yakni nada pada kkolom 5. Simbol dari Pull-Off yakni garis lengkung serta “P”

3. Slide dan Back-Slide
Teknik ini rasanya lebih gampang daripada Hammer-On dan Pull-Off. alasannya yakni kita hanya perlu menggeser satu jari untuk mencapai nada berikutnya yang lebih tinggi. dan Back-Slide yakni kebalikan dari Slide, dimana jari kita menggeser ke nada yang lebih rendah. Kelebihan teknik ini yakni kita sanggup melakukannya sepanjang mungkin selama masih ada fret yang tersisa.

4. Trill
Teknik ini merupakan adonan dari Hammer-On dan Pull-Off, dimana kita memainkan Hammer-On terlebih dahulu. kuncinya yakni kecepatan jari kiri kita. Sebenarnya teknik ini jarang dipakai dalam bermain bass dan lebih sering kita jumpai dalam permainan gitar.


Strumming Technique



1. Alternate Picking
Teknik ini yakni Picking dengan arah atas-bawah atau Up-down picking.

2. Up-Down Thumb
Merupakan teknik Plucking menggunakan ibu jari dan arah petikan atas-bawah.

3. Slapping
Merupakan teknik dimana kita gunakan ibu jari untuk dipukulkan ke arah senar sehingga menggenai Fretboard. Yang dipakai yakni tulang pada ruas ibu jari. Slapping biasa dipakai selaras dengan bass drum.

4. Popping
Merupakan teknik dengan menarik senar secara vertikal menggunakan jari dan menghantamkannya ke Fretboard sehingga terdengar bunyi yang khas dan berbeda dengan slapping. Popping biasanya selaras dengan ketukan snare drum.



NB: Slapping dan Popping lebih cocok dilakukan ketika kita menggunakan Plucking bukan Picking. nah, inilah salah satu kelebihan dari Plucking.


EmoticonEmoticon