Tuesday, October 1, 2019

7 Sungai Terpanjang Di Indonesia Yang Mungkin Belum Kau Ketahui !


Indonesia dipenuhi dengan aneka macam macam keindahan alam dan kekayaan alam yang membentang dari Sabang hingga ke Marauke, sungai merupakan salah satu kekayaan alam yang sangat luar biasa, banyak orang memanfaatkan sungai sebagai sumber mata pencaharian, keperluan sehari-hari, dan lain-lain.

Inilah 7 Sungai Terpanjang di Indonesia 

1. Sungai Kapuas

Sungai ini sanggup kau temui jikalau kau pergi ke kawasan Kalimantan Barat, sungai ini menjadi sungai yang terpanjang di pulau Kalimantan dan juga di Indonesia, sungai ini mempunyai panjang sekitar 1.143 km dan sungai ini berhulu di Pegunungan Muller dan bermuara di Selat Karimata (Laut China Selatan).

2. Sungai Mahakam


Sungai ini sanggup kau temui jikalau kau pergi ke kawasan Kalimantan Timur, sungai ini bermuara di Selat Makasar dan mempunyai panjang sekitar 930 km dan menjadi sungai terpanjang di Kalimantan Timur, sungai mempunyai anak sungai diantaranya ialah :
  1. Sungai Belayan
  2. Sungai Kedang Pahu
  3. Sungai Kedang Kepala
  4. Sungai Batu Bumbun ,di Muara muntai
  5. Sungai Penyinggahan,di penyinggahan
  6. Sungai Bakung,
  7. Sungai Berinding
  8. Sungai Telen
  9. Sungai Tenggarong
  10. Sungai Jembayan
  11. Sungai Loa Haur
  12. Sungai Karang Mumus
  13. Sungai Kedang Rantau
3. Sungai Barito


Sungai ini juga dikenal dengan nama Sungai Dusun, sungai ini berhulu di Pegunungan Schwaner dan bermuara di Laut Jawa, mempunyai panjang sekitar 900 km sungai ini juga menjadi sungai terbesar dan terpanjang di Kalimantan Selatan.

4. Sungai Batang Hari


Memiliki panjang sekitar 800 km, sungai ini berhulu di Gunung Rasan dan bermuara di Selat Malaka,
sungai ini ialah sungai terpanjang di Provinsi Jambi di pulau Sumatra dan mempunyai beberapa anak sungai diantaranya ialah : Batang Sangir, Batang Merangin, Batang Tebo, dan Batang Tembes.

5. Sungai Musi


Sungai Musi ialah sebuah sungai yang terletak di provinsi Sumatra Selatan, dengan panjang sekitar 750 km sungai ini merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatra dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Jembatan Ampera yang menjadi ikon Kota Palembang pun melintas di atas sungai ini, sungai ini berhulu di Pegunungan Bukit Barisan dan bermuara di Laut China Selatan. Sejak zaman Kerajaan Sriwijaya hingga sekarang, sungai ini populer sebagai sarana transportasi utama bagi masyarakat.

6. Sungai Mamberamo


Sungai Mamberamo ialah sungai yang mempunyai panjang sekitar 670 km yang terletak di Provinsi Papua, Sungai ini berhulu di Pegunungan Jayawijaya dan bermuara di Samudera Pasifik. Nama "Mamberamo" berasal dari bahasa Dani — mambe berarti 'besar' dan ramo berarti 'air'. Oleh alasannya ialah itu Mamberamo dijuluki sebagai Amazonnya Papua.

7. Sungai Bengawan Solo


Sungai Bengawan Solo menjadi sungai yang terpanjang di Pulau Jawa, sungai ini miliki 2 hulu yaitu di Pegunungan Sewu, Wonogiri dan Ponorogo dan bermuara di kawasan Gresik dan miliki panjang sekitar 548 km.

Demikianlah 7 Sungai Terpanjang di Indonesia yang Mungkin Belum Kamu Ketahui !. Semoga sanggup membantu dan bermanfaat dan apabila ada kesalahan kata atau kalimat mohon dikoreksi biar kita sanggup mencar ilmu bersama-sama.

Refensi : Wikipedia


EmoticonEmoticon