Wednesday, October 30, 2019

Teknik Dasar Melaksanakan Slap Bass


Slap Bass di indonesis umumnya lebih dikenal dengan istilah "chopper" ato mencabik senar bass.Untuk melaksanakan tehnik ini pada bass memang  sangat memerlukan control yg lebih biar kita bias bermain dengan teratur. Dasar berpikir untuk melaksanakan tehnik slap bass yaitu bermain bass dengan di bantu hentakan perkusi atau drum (sifat funk Jazz atau tehno Jazz). Dengan kata mempelajari tehnik slap bass,warna musik funk pun akan mencuat dalam permainan bass anda. Tehnik yang 1 ini secara umum memakai kekuatan jari jempol untuk memukul senar bass n kekuatan jari lainnya untuk menarik senar bass.

Kendala utama yang terjadi dalam bermain slap bass yaitu mendapat corak bunyi aksara bass yang sanggup menunjang tehnik SLAPPING. Bila saja bentuk bunyi gak ngedukung tentunya akan sanggup mensugesti ilham n tehnik permainan bass yang anda mainkan. Untuk itu sebelum anda melaksanakan tehnik ini,terlebih dulu anda harus sanggup mencari bentuk bunyi yang palig sempurna utk sanggup mendukung tehnik permainan slap bass.

Bentuk Bunyi

Bentuk bunyi sanggup kita dapatkan dengan kombinasi tehnik dan tenaga yang terampil dan terkontrol biar lebih baik dgn cara:

  1. Selalu membiaskan untuk memukul serta menarik senar bass sempurna pada senar yg dituju. Hal ini bertujuan utk menghindari pukulan jari anda mengenai target senar yang gak anda inginkn.
  2. Mulailah untuk memukul 1 senar sampe anda benar2 mendapat bunyi yang tebal,bersih dan bulat. Yang kemudian akan berlanjut dgn memukul serta menarik senar berikutnya secara bergantian.
  3. Jangan lupa latihlah jangan tangan n jari untuk selalu mempunyai tenaga yang cukup biar sanggup memukul n menarik senar dengan teratur
  4. Usahakanlah untuk anda selalu sanggup menjaga ketepatan tempo pada ritme yg anda lakukan.
  5. Gunakanlah selalu metronom pada dikala anda berlatih.
pola latihan:



Selain untuk selalu membiasakan bermain dgn ketepatan tempo,kt juga harus selalu melatih kekuatan otot pada tangan n jari anda.Karena tenaga pada otot tangan n jari yang terlatih,sangat membantu anda utk ketepatan tempo n bunyi. Gak jarang dari pemain bass yg menghadapi pattern ritme yg konstan n berulang dlm waktu yang relatif panjang. Terutama pada jenis musik RnB dan FUNK.

Kualitas Tone

Ada Beberapa Aspek yang perlu kita perhatikan. Dengar scara seksama ketika kita sdg memukul dan menari senar[b]

  1. Pich dasar, prbandingan bntuk bunyi n volume antara mmukul n mnarik senar lepas. Dptkn kdalaman n kbulatan bntuk bunyi yg hmpir sama antara pukulan jempol n tarikan senar.
  2. Hentakan perkusi, hentakan ini trjd ktik senar beradu dgn fret n finger board pd neck bass n bukan sama sx karna brat ato ringan ktika kt mnjatukan pukulan hntakan prkusi ini yg mrupakn mnjd aksara utama n tekhnik slap bass.
  3. Sustain Nada, hrus slalu djaga bntuk bunyi yg panjang dr gngguan bunyi yg gak di inginkn.

Gangguan bunyi ini biasanya terjd dari bunyi senar lain yang ikut bergetar alasannya yaitu mempunyai nada yg sama ato serasi dgn nada yg kt bunyikn.Dari itu usahakanlah utk kita selalu menyandarkan jari2 anda pd senar. N slalu mnyandarkn bab bawah telapak ajun pada pd senar untuk menghilangkan bunyi yg gak anda inginkan.

Hentakan Perkusi pada Tekhnik SLAP BASS sanggup di hadirkan lewat beberapa cara seperti:
* PUNCH : membunyikan nada dgn cara menjatuhkan pukulan.
* DEAD NOTE : bunyi senar yg di pukul tanpa nada/suara senar tnpa nada.
* HAMMERED ON : jari jempol kanan yg memukul nada pertama,smentara jari kiri mmbunyikan nada berikutnya.
* LIFTED OFF : jari kanan yg digunakn utk menarik senar nada pertama,jari kiri mmbunyikan nada berikutnya.


Sebelum kita mulai berlatih yang namanya tehnik SLAP BASS.ada baiknya kt mengenali dulu definisi notasi khusus nya :
- Dead Note (x) = nada tanpa suara.
- Thumb (T) = jempol memukul senar.
- Popped (P) = jari menarik Senar.
- Slide (S) = dari nada yg satu brgeser ke nada yg lain dgn jari yg sama.
- Hammered On (H) = Nada pertama dgn jari kanan, nada berikutnya dgn jari kiri.
- Lifted Off (L) = Jari kanan yg dgunakn utk mnarik senar utk nada prtama,jari kiri mmbunyikn nada berikutnya.
- Siur (W) = jari kt brgeser cepat diantara 2 fret yg bersebelahan.


EmoticonEmoticon