Wednesday, October 30, 2019

Tangga Nada (Scale) Mayor

Kita mengenal tangga nada do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Itu merupakan tangga nada mayor atau istilah internasionalnya major scale. Mari kita lihat dulu tangga nada C mayor, alasannya ialah paling gampang dimengerti dengan tuts piano putih semua. ini gambarnya. Kita dapat melihat tidak ada tuts hitam yang ditekan. Lalu perhatikan di bab bawah ada 1 dan 1/2, itu ialah jarak langkah antar not, contohnya jarak C ke D ialah 1 langkah, dan jarak E ke F ialah 1/2 langkah.


 Itu merupakan  tangga nada mayor atau istilah internasionalnya major scale Tangga Nada (Scale) Mayor

Rumus 1-1-1/2-1-1-1-1/2 ialah rumus niscaya tangga nada mayor. Sehingga untuk menciptakan tangga nada D Mayor, kita juga memakai rumus jarak tersebut, berikut contohnya.



Nah kali ini tangga nada mayor ada nada yang memakai accidentals, itu dikarenakan untuk mengikuti rumus 1-1-1/2-1-1-1-1/2, mau tidak mau ada nada yang dirubah. Perhatikan, jarak nada E dan F ialah 1/2, jadi semoga jaraknya menjadi 1 langkah F harus dinaikkan setengah, jadi F#. Begitu pula dengan jarak B ke C ialah 1/2, sehingga pada tangga nada D ini untuk mengikuti rumus, C harus dinaikkan setengah menjadi C#.

Berikut pola tangga nada lainnya, yaitu F Mayor.



Cobalah memainkan masing-masing tangga nada pada instrumen anda.


EmoticonEmoticon